Bimbingan dan Konseling, Apa Saja Perbedaannya dan Bagaimana Contohnya?

Halo sobat Diringkas! Pernahkah kamu mendengar istilah bimbingan dan konseling? Mungkin kamu sering menganggap kedua hal ini sama saja, padahal sebenarnya ada perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Lalu apa saja perbedaan bimbingan dan konseling? Dan bagaimana contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Bimbingan dan Konseling, Apa Saja Perbedaannya dan Bagaimana Contohnya?

Pengertian Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan Konseling, Apa Saja Perbedaannya dan Bagaimana Contohnya 2

Sebelum kita membahas perbedaan bimbingan dan konseling, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari masing-masing istilah tersebut.

Bimbingan adalah proses pemberian bantuan oleh ahli kepada individu yang membutuhkan, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Bimbingan biasanya terfokus pada isu terkait pendidikan atau karir, seperti membantu siswa memilih jurusan, menentukan minat dan bakat, atau mencari pekerjaan yang sesuai.

Konseling adalah hubungan profesional antara konselor terlatih dengan klien yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi permasalahan pribadi atau sosio-psikologis. Konseling biasanya dilakukan dalam pertemuan tatap muka yang bersifat rahasia dan empatik. Konseling bertujuan untuk membantu klien mengubah perilaku atau sikap yang tidak sesuai dengan norma sosial.

Perbedaan Bimbingan dan Konseling

Dari pengertian di atas, kita bisa melihat beberapa perbedaan antara bimbingan dan konseling, yaitu:

BimbinganKonseling
Lebih banyak bersangkut paut dengan pemberian informasi dan pengumpulan dataLebih banyak bersangkut paut dengan analisis mendalam mengenai suatu permasalahan
Lebih menekankan pada fungsi pencegahanLebih menekankan pada fungsi penyembuhan atau perbaikan
Dapat dilakukan dengan bantuan apa sajaMembutuhkan disiplin ilmu tertentu dan rekomendasi dari penolong
Ditujukan untuk individu maupun kelompokDitujukan untuk individu saja

Contoh Kasus Bimbingan dan Konseling

Untuk memperjelas perbedaan bimbingan dan konseling, berikut ini adalah contoh kasus yang bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Kasus Bimbingan

Rani adalah seorang siswi kelas 12 SMA yang akan segera menghadapi ujian nasional dan seleksi masuk perguruan tinggi. Dia merasa bingung harus memilih jurusan apa yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dia juga tidak yakin apakah dia bisa lulus ujian dengan nilai yang baik.

Untuk membantu Rani, guru BK di sekolahnya memberikan bimbingan berupa tes minat dan bakat, simulasi ujian nasional, serta informasi mengenai berbagai perguruan tinggi dan jurusan yang ada di Indonesia. Guru BK juga memberikan motivasi dan saran kepada Rani agar dia bisa belajar dengan lebih efektif dan percaya diri.

Contoh Kasus Konseling

Rudi adalah seorang siswa kelas 10 SMA yang sering bolos sekolah tanpa alasan yang jelas. Dia juga sering terlibat tawuran dengan siswa dari sekolah lain. Orang tua dan guru-gurunya sudah sering menegur dan menghukumnya, tetapi tidak ada perubahan yang signifikan.

Untuk membantu Rudi, guru BK di sekolahnya mengajaknya untuk melakukan konseling secara rutin. Dalam konseling, guru BK mencoba mengetahui apa yang menjadi latar belakang perilaku Rudi, bagaimana perasaan dan pikiran Rudi, serta apa yang diharapkan Rudi dari dirinya sendiri dan lingkungannya. Guru BK juga membantu Rudi untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalahnya dan mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa bimbingan dan konseling adalah dua hal yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama bertujuan untuk membantu individu dalam menghadapi berbagai situasi atau masalah. Bimbingan lebih terkait dengan aspek pendidikan atau karir, sedangkan konseling lebih terkait dengan aspek pribadi atau sosio-psikologis. Bimbingan dan konseling juga memiliki metode, sasaran, dan pelaksana yang berbeda.

Demikian artikel tentang perbedaan bimbingan dan konseling yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang dunia bimbingan konseling. Jika kamu punya pertanyaan atau tanggapan seputar artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments