Atasi Listrik Jeglek dengan Cara Mudah dan Praktis

Halo, sobat Diringkas! Apakah kamu pernah mengalami listrik jeglek di rumah atau kantor? Listrik jeglek adalah kondisi ketika tegangan listrik naik turun secara tiba-tiba dan tidak stabil. Listrik jeglek bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gangguan pada jaringan PLN, beban listrik yang terlalu besar, atau kualitas instalasi listrik yang buruk.

Listrik jeglek bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti:

  • Peralatan elektronik menjadi rusak atau tidak berfungsi dengan baik
  • Lampu menjadi redup atau berkedip-kedip
  • Stop kontak menjadi panas atau meleleh
  • Kabel listrik menjadi korsleting atau terbakar
  • Resiko kebakaran atau sengatan listrik meningkat

Untuk itu, sangat penting untuk mengatasi listrik jeglek sebelum hal-hal buruk terjadi. Berikut adalah beberapa cara mudah dan praktis untuk mengatasi listrik jeglek yang bisa kamu coba:

1. Periksa Jaringan Listrik PLN

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa apakah ada gangguan pada jaringan listrik PLN di daerahmu. Kamu bisa mengeceknya melalui website, aplikasi, atau call center PLN. Jika ada gangguan, kamu bisa melaporkannya kepada pihak PLN agar segera ditangani. Jika tidak ada gangguan, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Cek Beban Listrik

Langkah kedua adalah mengecek beban listrik yang kamu gunakan di rumah atau kantor. Beban listrik adalah jumlah daya yang digunakan oleh semua peralatan elektronik yang menyala. Jika beban listrik melebihi kapasitas daya yang disediakan oleh PLN, maka akan terjadi listrik jeglek.

Untuk menghitung beban listrik, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Beban listrik (watt) = jumlah peralatan elektronik x daya masing-masing peralatan (watt)

Contoh:

Kamu memiliki 10 lampu dengan daya 10 watt, 2 kipas angin dengan daya 50 watt, 1 TV dengan daya 100 watt, dan 1 AC dengan daya 500 watt. Maka beban listrik yang kamu gunakan adalah:

Beban listrik = (10 x 10) + (2 x 50) + (1 x 100) + (1 x 500)
Beban listrik = 100 + 100 + 100 + 500
Beban listrik = 800 watt

Jika kapasitas daya yang disediakan oleh PLN di rumahmu adalah 900 VA (volt ampere), maka beban listrikmu masih aman. Namun, jika kapasitas daya yang disediakan oleh PLN di rumahmu adalah 450 VA, maka beban listrikmu sudah melebihi batas.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mengurangi jumlah peralatan elektronik yang menyala secara bersamaan
  • Mengganti peralatan elektronik yang boros daya dengan yang hemat energi
  • Menambah kapasitas daya PLN dengan cara mengajukan permohonan ke pihak PLN

3. Perbaiki Instalasi Listrik

Langkah ketiga adalah memeriksa dan memperbaiki instalasi listrik di rumah atau kantor. Instalasi listrik yang buruk bisa menyebabkan arus listrik tidak lancar dan menyebabkan listrik jeglek. Beberapa tanda instalasi listrik yang buruk adalah:

  • Kabel listrik yang terkelupas, robek, atau bersentuhan dengan benda lain
  • Stop kontak yang longgar, retak, atau berkarat
  • Saklar yang tidak berfungsi dengan baik atau sering macet
  • MCB (miniature circuit breaker) yang sering trip atau mati

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mengganti kabel listrik yang rusak dengan yang baru
  • Memperbaiki atau mengganti stop kontak yang bermasalah
  • Membersihkan atau mengganti saklar yang kotor atau rusak
  • Memeriksa dan mengatur ulang MCB yang trip atau mati

Namun, jika kamu tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup tentang instalasi listrik, sebaiknya kamu tidak melakukan hal ini sendiri. Kamu bisa meminta bantuan dari tukang listrik yang profesional dan berpengalaman untuk melakukan perbaikan instalasi listrik di rumah atau kantor.

Kesimpulan

Listrik jeglek adalah kondisi ketika tegangan listrik naik turun secara tiba-tiba dan tidak stabil. Listrik jeglek bisa disebabkan oleh gangguan pada jaringan PLN, beban listrik yang terlalu besar, atau instalasi listrik yang buruk. Listrik jeglek bisa menyebabkan peralatan elektronik menjadi rusak, lampu menjadi redup, stop kontak menjadi panas, kabel listrik menjadi korsleting, dan resiko kebakaran atau sengatan listrik meningkat.

Untuk mengatasi listrik jeglek, kamu bisa melakukan beberapa cara mudah dan praktis, seperti:

  • Periksa jaringan listrik PLN
  • Cek beban listrik
  • Perbaiki instalasi listrik

Demikian artikel tentang cara mengatasi listrik jeglek dengan mudah dan praktis. Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam menghadapi masalah listrik jeglek di rumah atau kantor. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau pengalaman terkait dengan topik ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments