Apakah Youtube Short Menghasilkan Uang? Ini Dia Jawabannya!

Apakah Youtube Short Menghasilkan Uang? Jawabannya adalah ya! Youtube Short merupakan fitur terbaru dari Youtube yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek selama 15detik atau kurang dari 60 detik dan mengunggahnya ke platform tersebut. Fitur ini memiliki potensi besar untuk menghasilkan uang karena popularitasnya yang terus meningkat.

Youtube adalah platform video terbesar di dunia yang telah menjadi sumber penghasilan bagi banyak orang di seluruh dunia. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang yang menghasilkan uang melalui konten video mereka di Youtube. Dengan hadirnya fitur baru Youtube Short, pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah Youtube Short juga dapat menghasilkan uang? Dalam artikel ini, kami akan menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan informasi tentang cara menghasilkan uang melalui Youtube Short.

“Mulai 1 Februari 2023, kebijakan monetisasi YouTube Shorts akan memungkinkan partner yang melakukan monetisasi untuk menghasilkan uang dari iklan yang ditayangkan di antara video di Feed Shorts. Model bagi hasil baru ini akan menggantikan Pendanaan YouTube Shorts. Partner yang melakukan monetisasi harus menyetujui persyaratan Modul Monetisasi Shorts untuk menghasilkan uang dari iklan dan YouTube Premium di Feed Shorts.

Iklan yang layak untuk bagi hasil hanya iklan yang mengikuti pedoman konten yang cocok untuk pengiklan YouTube. Penayangan Shorts yang tidak orisinal, palsu, atau tidak sesuai dengan pedoman konten yang cocok untuk pengiklan tidak akan dihitung untuk pembayaran.

Pendapatan dibagi pada iklan yang dilihat di antara video di Umpan Shorts, yang terpisah dari monetisasi video berdurasi panjang di Halaman Tonton.

Ada empat langkah untuk membagi pendapatan iklan Shorts, yang meliputi mengumpulkan pendapatan iklan Umpan Shorts, menghitung Pangkalan Pembuat Konten, mengalokasikan Pangkalan Kreator, dan menerapkan bagi hasil. Kreator yang melakukan monetisasi akan mendapatkan 45% dari pendapatan yang dialokasikan terlepas dari penggunaan musik. Kebijakan tersebut berlaku untuk Pedoman Komunitas YouTube, Ketentuan Layanan, Hak Cipta, dan kebijakan program Google AdSense.”

YouTube Shorts monetization policies – YouTube Help (google.com)

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Youtube Short?

Mengikuti Program Partner Youtube

Kamu dapat menghasilkan uang melalui Youtube Short dengan bergabung ke Program Partner Youtube. Program ini memungkinkan pengguna untuk memonetisasi video mereka dan mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan pada video tersebut. Kamu harus memenuhi persyaratan tertentu untuk bergabung ke Program Partner Youtube, seperti jumlah pelanggan dan jumlah jam tontonan.

apakah youtube short menghasilkan uang

Monetisasi di Youtube berarti kamu dapat menghasilkan uang melalui videomu. Namun, tidak semua akun Youtube memenuhi syarat untuk monetisasi. Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk memenuhi syarat monetisasi di Youtube:

  • Persyaratan Jam Tayang: Akun kamu harus memiliki 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir. Jam tayang adalah jumlah total waktu yang ditonton orang di video kamu.
  • Persyaratan Subscriber: Akun kamu harus memiliki minimal 1.000 subscriber.
  • Persyaratan Keandalan: Kamu harus mematuhi Pedoman Komunitas dan Kebijakan Monetisasi Youtube. Jangan melakukan kecurangan atau pelanggaran hak cipta.
  • Persyaratan Asosiasi: Kamu harus menjadi anggota Program Partner Youtube (YPP). YPP memberikan akses ke fitur-fitur khusus seperti monetisasi, Super Chat, dan lainnya.

Setelah memenuhi persyaratan di atas, kamu dapat mendaftar untuk monetisasi di Youtube melalui akun YPP. Youtube akan mengevaluasi akun kamu dan memberikan persetujuan jika kamu memenuhi semua persyaratan.

Untuk tujuan perhitungan pembayaran, YouTube tidak akan menghitung tampilan Shorts yang tidak memenuhi syarat. Contoh tampilan Shorts yang tidak memenuhi syarat termasuk Shorts non-asli seperti klip yang tidak diedit dari film atau acara TV orang lain, mengunggah ulang konten kreator lain dari YouTube atau platform lain, atau kompilasi tanpa konten asli yang ditambahkan. Selain itu, tampilan Shorts palsu atau buatan seperti dari bot klik atau scroll otomatis dan tampilan Shorts yang tidak sesuai dengan panduan konten yang ramah bagi pengiklan juga dianggap tidak memenuhi syarat.

Sponsorship dan Iklan

Kamu juga dapat menghasilkan uang dari Youtube Short melalui sponsorship dan iklan. Sponsorship merupakan cara untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu melalui video pendekmu. Kamu juga dapat menampilkan iklan pada video pendekmu dan memperoleh uang dari iklan tersebut. Penting untuk diingat bahwa sebelum melakukan sponsorship atau menampilkan iklan, pastikan bahwa video pendekmu memenuhi persyaratan kebijakan iklan Youtube.

Bagaimana Meningkatkan Jumlah Pengikut di Youtube Short?

Buat Konten yang Menarik

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pengikut di Youtube Short adalah dengan membuat konten yang menarik. Video pendek yang menarik dan menghibur memiliki potensi untuk menjadi viral dan dilihat oleh banyak orang. Pastikan video pendek Anda unik, kreatif, dan menarik.

Gunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag adalah cara terbaik untuk memperoleh pengikut di Youtube Short. Pastikan kamu menggunakan hashtag yang tepat dan relevan dengan video pendek kamu. Hashtag yang populer memiliki potensi untuk menarik lebih banyak pengikut.

Promosikan di Media Sosial

Kamu juga dapat mempromosikan video pendek kamu di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dengan mempromosikan video pendek kamu di media sosial, kamu dapat memperoleh pengikut yang lebih banyak.

Pertanyaan tentang Youtube Short

  • Apakah Saya Harus Membuat Konten Baru untuk Youtube Short?
    Tidak, kamu tidak harus membuat konten baru. Kamu dapat menggunakan potongan-potongan dari video yang lebih panjang atau membuat video pendek yang sepenuhnya baru khusus untuk Youtube Short.
  • Apakah Saya Perlu Menggunakan Kamera yang Mahal untuk Membuat Video Pendek di Youtube Short?
    Tidak, Kamu tidak perlu menggunakan kamera yang mahal untuk membuat video pendek di Youtube Short. Kamu dapat menggunakan kamera smartphone atau kamera dengan kualitas yang cukup baik. Yang terpenting adalah konten yang kamu buat menarik dan berkualitas.
  • Berapa Lama Video Pendek di Youtube Short?
    Video pendek di Youtube Short memiliki durasi maksimal 15 detik atau kurang dari 60 detik. Ini membuatnya lebih mudah untuk dibuat dan diunggah.

Kesimpulan

Youtube Short memiliki potensi besar untuk menghasilkan uang bagi para kreator konten. Kamu dapat menghasilkan uang melalui Program Partner Youtube, sponsorship, dan iklan. Untuk meningkatkan jumlah pengikut di Youtube Short, pastikan konten kamu menarik, gunakan hashtag yang tepat, dan promosikan di media sosial. Kamu tidak perlu menggunakan kamera yang mahal untuk membuat video pendek di Youtube Short. Yang terpenting adalah konten yang kamu buat menarik dan berkualitas. Dengan kreativitas dan kerja keras, siapa pun dapat menghasilkan uang melalui Youtube Short.

Langganan
Beritahu dari
guest
0 Comments
Umpan Balik Sebaris
Lihat semua komentar