Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk? Ini Dampak yang Terjadi

Halo sobat Diringkas! Apakah Anda sering menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari? Jika ya, apakah Anda sudah mengetahui apa yang terjadi jika sampah plastik dibiarkan menumpuk di lingkungan? Jangan anggap sepele, ya. Sampah plastik bisa menimbulkan berbagai dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk? Ini Dampak yang Terjadi

Dampak Negatif Bagi Lingkungan

Sampah Plastik Sulit Terurai

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 2

Salah satu dampak sampah plastik yang paling utama adalah sulit terurai. Berbeda dengan jenis sampah organik yang bisa terurai secara alami oleh mikroorganisme, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai. Bahkan, bisa mencapai 20–500 tahun lamanya.

Selama proses penguraian tersebut, sampah plastik akan mengeluarkan partikel mikroplastik, senyawa kimia, dan logam berat yang lebih berbahaya dan beracun. Partikel-partikel ini bisa masuk ke dalam air, tanah, udara, dan rantai makanan.

Sampah Plastik Mengancam Kelestarian Satwa Laut

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 3

Dampak sampah plastik selanjutnya adalah mengancam kelestarian satwa laut. Banyak sampah plastik yang dibuang sembarangan ke laut atau sungai. Sampah-sampah ini bisa menyumbat saluran air, mengganggu aliran oksigen, dan merusak habitat makhluk hidup di dalamnya.

Tidak hanya itu, sampah plastik juga bisa menjadi bahaya bagi hewan laut yang menelannya secara tidak sengaja. Misalnya saja, pada tahun 2018 lalu, seekor paus sperma ditemukan mati di perairan Indonesia dengan perut penuh sampah plastik seberat 6 kg.

Sampah Plastik Mencemari Air Tanah

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 4

Sampah plastik juga bisa menyebabkan pencemaran air tanah. Hal ini terjadi karena plastik membawa zat kimia, seperti bifenil poliklorinasi dan pestisida, yang dapat mengontaminasi air serta meracuni dan merusak habitat makhluk hidup yang tinggal di sekitarnya.

Ketika dikonsumsi oleh hewan laut, racun ini juga bisa masuk ke dalam tubuh manusia bila sampai hewan laut tersebut diolah dan dikonsumsi. Selain itu, pencemaran air tanah juga bisa berdampak pada ketersediaan air bersih bagi manusia.

Sampah Plastik Merusak Ekosistem Tanah

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 5

Dampak sampah plastik berikutnya adalah merusak ekosistem tanah. Partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia hasil dari proses penguraian plastik dapat masuk ke dalam lapisan tanah serta menempel pada tumbuhan yang tertanam di dalamnya, seperti sayuran dan buah-buahan.

Bila sayuran dan buah tersebut dikonsumsi oleh manusia, risiko terjadinya berbagai jenis penyakit pun dapat meningkat. Kontaminasi sampah plastik ini juga bisa membuat kondisi tanah menjadi tidak subur.

Sampah Plastik Merusak Rantai Makanan

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 6

Dampak sampah plastik lainnya adalah merusak rantai makanan. Hal ini terjadi karena partikel mikroplastik dan zat kimia dari sampah plastik bisa masuk ke dalam tubuh makhluk hidup melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Misalnya saja, ketika ikan laut memakan plankton yang sudah tercemar oleh mikroplastik, maka ikan tersebut juga akan mengandung mikroplastik di dalam tubuhnya. Kemudian, ketika manusia memakan ikan tersebut, maka mikroplastik juga akan masuk ke dalam tubuh manusia.

Sampah Plastik Menimbulkan Masalah Kesehatan Bagi Manusia

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 7

Dampak sampah plastik yang paling berbahaya adalah menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia. Hal ini terjadi karena paparan partikel mikroplastik, logam berat, dan zat kimia dari sampah plastik bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti:

  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan hormon
  • Gangguan reproduksi
  • Gangguan sistem imun
  • Gangguan saraf
  • Kanker

Sampah Plastik Menyebabkan Polusi Udara

Sampah Plastik Dibiarkan Menumpuk_ Ini Dampak yang Terjadi 8

Dampak sampah plastik terakhir adalah menyebabkan polusi udara. Hal ini terjadi karena proses pembakaran sampah plastik yang dilakukan secara terbuka bisa mengakibatkan terjadinya polusi udara. Hal itu disebabkan oleh adanya partikel mikroplastik, logam berat seperti kadmium dan timbal, serta bifenil poliklorinasi yang terlepas dan mencemari udara.

Polusi udara ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata, sakit kepala, dan penyakit paru-paru. Selain itu, polusi udara juga bisa meningkatkan efek rumah kaca dan perubahan iklim.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sampah plastik memiliki dampak yang sangat buruk bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita perlu melakukan upaya-upaya untuk mengurangi penggunaan dan pembuangan sampah plastik sembarangan.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah:

  • Menggunakan produk ramah lingkungan yang tidak mengandung plastik
  • Membawa tas belanja sendiri ketika berbelanja
  • Menggunakan botol minum atau tumbler yang bisa digunakan berkali-kali
  • Memilah sampah plastik dan mengirimkannya ke tempat daur ulang
  • Mengedukasi diri sendiri dan orang lain tentang bahaya sampah plastik

Demikian artikel tentang apa yang terjadi jika sampah plastik dibiarkan menumpuk. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Jika kalian memiliki pertanyaan atau feedback seputar artikel ini, silakan tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel sampai selesai!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments