Apa Saja yang di Cover Oleh Asuransi Mobil, Beserta Contoh Kasusnya

Halo, teman Diringkas.com! Kali ini saya mau berbagi tentang asuransi mobil. Apa saja sih yang dicover oleh asuransi mobil? Mungkin banyak dari kalian yang masih bingung atau ragu untuk mengasuransikan kendaraan kesayangan kalian. Padahal, asuransi mobil itu penting lho, karena bisa melindungi kita dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di jalan.

Jenis Asuransi

Asuransi mobil ada dua jenis, yaitu asuransi total loss only (TLO) dan asuransi all risk. Asuransi TLO hanya menanggung kerugian jika mobil kita rusak parah atau hilang akibat pencurian. Sedangkan asuransi all risk menanggung kerugian baik ringan maupun berat, termasuk kecelakaan, tabrakan, kebakaran, banjir, atau tindak kriminal.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua hal yang terjadi pada mobil kita dicover oleh asuransi. Ada beberapa hal yang biasanya dikecualikan oleh asuransi mobil, seperti:

  • Kerusakan akibat kelalaian pengemudi, misalnya mengemudi dalam keadaan mabuk atau tidak memiliki SIM.
  • Kerusakan akibat perang, huru-hara, terorisme, sabotase, atau bencana alam yang tidak termasuk dalam polis.
  • Kerusakan akibat modifikasi mobil tanpa sepengetahuan atau persetujuan pihak asuransi.
  • Kerusakan akibat penggunaan mobil yang tidak sesuai dengan tujuan atau kapasitasnya, misalnya mengangkut barang berlebihan atau melanggar aturan lalu lintas.

Contoh Kasus

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat beberapa contoh kasus yang bisa terjadi pada mobil kita dan bagaimana asuransi mobil menangani kasus tersebut.

Contoh 1: Mobil kita tertabrak oleh pengendara lain yang melaju kencang dan melawan arus. Akibatnya, mobil kita mengalami kerusakan parah di bagian depan dan belakang. Jika kita memiliki asuransi all risk, maka kita bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk menanggung biaya perbaikan mobil kita. Jika kita memiliki asuransi TLO, maka kita tidak bisa mendapatkan klaim karena kerusakan mobil kita tidak mencapai 75% dari harga pasarnya.

Contoh 2: Mobil kita terbakar karena korsleting listrik saat sedang diparkir di rumah. Akibatnya, mobil kita rusak total dan tidak bisa digunakan lagi. Jika kita memiliki asuransi all risk atau TLO, maka kita bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk menanggung biaya penggantian mobil kita dengan nilai sesuai dengan harga pasarnya.

Contoh 3: Mobil kita dicuri oleh orang tak dikenal saat sedang diparkir di tempat umum. Akibatnya, mobil kita hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Jika kita memiliki asuransi all risk atau TLO, maka kita bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk menanggung biaya penggantian mobil kita dengan nilai sesuai dengan harga pasarnya.

Contoh 4: Mobil kita rusak karena terkena banjir saat sedang melintas di jalan raya. Akibatnya, mesin dan kelistrikan mobil kita rusak dan tidak bisa dinyalakan lagi. Jika kita memiliki asuransi all risk, maka kita bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk menanggung biaya perbaikan mobil kita. Jika kita memiliki asuransi TLO, maka kita tidak bisa mendapatkan klaim karena kerusakan mobil kita tidak mencapai 75% dari harga pasarnya.

Contoh 5: Mobil kita rusak karena terkena batu yang dilempar oleh orang tak dikenal saat sedang melintas di jalan raya. Akibatnya, kaca depan dan spion mobil kita pecah dan retak. Jika kita memiliki asuransi all risk, maka kita bisa mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk menanggung biaya perbaikan mobil kita. Jika kita memiliki asuransi TLO, maka kita tidak bisa mendapatkan klaim karena kerusakan mobil kita tidak mencapai 75% dari harga pasarnya.

Saran Untuk Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Setelah mengetahui apa saja yang dicover dan tidak dicover oleh asuransi mobil, tentunya kalian ingin tahu bagaimana cara memilih asuransi mobil yang tepat untuk kalian. Berikut ini ada beberapa saran yang bisa kalian pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengasuransikan mobil kalian.

  • Sesuaikan jenis asuransi dengan kebutuhan dan anggaran kalian. Jika kalian merasa cukup percaya diri dengan kemampuan mengemudi kalian dan jarang mengalami masalah di jalan, mungkin kalian bisa memilih asuransi TLO yang lebih murah. Namun, jika kalian merasa khawatir dengan risiko-risiko yang mungkin terjadi di jalan dan ingin mendapatkan perlindungan maksimal untuk mobil kalian, mungkin kalian bisa memilih asuransi all risk yang lebih mahal.
  • Bandingkan premi dan manfaat dari berbagai penyedia asuransi. Jangan terpaku pada satu penyedia asuransi saja, tapi carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang premi dan manfaat yang ditawarkan oleh berbagai penyedia asuransi. Kalian bisa membandingkan secara online atau offline melalui agen-agen asuransi. Pilihlah penyedia asuransi yang memberikan premi yang sesuai dengan anggaran kalian dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan kalian.
  • Perhatikan reputasi dan layanan dari penyedia asuransi. Selain premi dan manfaat, hal lain yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah reputasi dan layanan dari penyedia asuransi. Kalian bisa mencari tahu tentang track record dan testimoni dari pelanggan-pelanggan mereka sebelumnya. Kalian juga bisa mengecek apakah mereka memiliki layanan klaim yang mudah dan cepat atau tidak. Pilihlah penyedia asuransi yang memiliki reputasi baik dan layanan yang memuaskan.

Jadi, sebelum memilih asuransi mobil, kita harus membaca dan memahami dengan baik apa saja yang dicover dan tidak dicover oleh asuransi tersebut. Jangan sampai kita merasa dirugikan karena tidak mendapatkan klaim yang sesuai dengan harapan kita.

Demikian artikel saya kali ini tentang asuransi mobil. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian yang sedang mencari informasi tentang asuransi mobil. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments