Apa Itu Flipside? Fitur Terbaru dari Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Namun tidak semua orang merasa nyaman untuk membagikan foto-foto pribadi mereka dengan publik, apalagi dengan orang-orang yang tidak mereka kenal. Oleh karena itu, banyak pengguna Instagram yang membuat akun kedua atau finstas (fake Instagram) untuk berbagi foto-foto yang lebih intim dan personal dengan teman-teman dekat mereka.

Akan tetapi, membuat dan mengelola dua akun Instagram bisa merepotkan dan memakan waktu. Selain itu, ada risiko bahwa akun finstas bisa bocor atau disalahgunakan oleh orang lain. Untuk mengatasi masalah ini, Instagram meluncurkan fitur terbaru bernama Flipside yang merupakan hanya ditujukan untuk berbagi foto dengan teman dekat.

Apa Itu Flipside

Fitur Flipside adalah fitur baru dari Instagram yang memungkinkan kamu untuk memiliki dua sisi profil dalam satu akun. Dengan fitur ini, kamu bisa menampilkan sisi lain dari dirimu yang lebih pribadi, kreatif, atau eksperimental, tanpa harus khawatir dengan pandangan orang lain. Kamu juga bisa memilih siapa saja yang bisa melihat profil Flipside-mu, sehingga kamu bisa berbagi konten yang lebih sesuai dengan audiensmu.

Fitur Flipside ini mirip dengan fitur Close Friends, tetapi lebih fleksibel dan menyenangkan. Kamu bisa bereksperimen dengan konten yang berbeda dengan persona yang berbeda, tanpa harus membuat akun baru atau bingung dengan tone feed kamu. Fitur ini juga cocok untuk kamu yang ingin mengekspresikan diri tanpa harus jaga image.

Penjelasan Dari Pengembang Fitur Flipside

Instagram sedang mengembangkan fitur baru yang bernama Flipside, yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua sisi profil dalam satu akun. Fitur ini pertama kali terungkap oleh Alessandro Paluzzi, seorang insinyur yang menguak rahasia fitur-fitur tersembunyi dari aplikasi populer. Paluzzi membagikan beberapa tangkapan layar yang menunjukkan bagaimana fitur Flipside bekerja dan apa tujuannya.

Fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk publik. Instagram sendiri mengonfirmasi kepada TechCrunch bahwa fitur ini adalah prototipe internal yang sedang diuji oleh tim mereka. Belum ada informasi kapan fitur ini akan diluncurkan secara resmi atau apakah fitur ini akan berubah sebelum dirilis.

Cara Menggunakan Flipside

Cara menggunakan fitur Flipside adalah sebagai berikut:

  • Buka Instagram dan masuk ke halaman profil kamu
  • Temukan ikon kunci yang ada di pojok kanan bawah foto profil kamu
  • Ketuk ikon kunci tersebut untuk masuk ke profil Flipside kamu
  • Di sini, kamu bisa mengunggah Story dan feed seperti biasa, tetapi hanya akan dibagikan ke orang-orang yang sudah kamu tentukan sebelumnya
  • Kamu juga bisa mengatur daftar teman Flipside kamu dengan mengetuk ikon tiga garis di pojok kanan atas, lalu pilih “Manage Flipside Friends”
  • Untuk kembali ke profil utama kamu, cukup ketuk ikon kunci lagi

Fitur Flipside ini masih dalam tahap uji coba dan belum tersedia untuk semua pengguna. Jika kamu belum mendapatkan fitur ini, kamu bisa menunggu hingga Instagram mengumumkan peluncuran resminya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments