Apa Bedanya Flashback dan Throwback?

Ketika kita melihat kembali masa lalu, kita mungkin menemukan kenangan yang menyenangkan, menyedihkan, atau bahkan lucu. Ada banyak cara untuk mengungkapkan perasaan nostalgia kita, salah satunya adalah dengan menggunakan istilah flashback dan throwback. Namun apakah kita tahu apa bedanya kedua istilah ini?

Flashback adalah teknik sastra yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa masa lalu yang berhubungan dengan cerita saat ini. Flashback biasanya digunakan untuk memberikan latar belakang karakter, motif, atau konflik yang ada di cerita. Flashback juga dapat menambah ketegangan, misteri, atau emosi pembaca dengan menunjukkan bagaimana peristiwa masa lalu mempengaruhi keadaan sekarang.

Flashback dapat berbentuk narasi, dialog, ingatan, mimpi, atau kilas balik. Flashback dapat ditandai dengan perubahan waktu, tempat, suasana, atau gaya bahasa. Flashback juga dapat disisipkan di antara adegan sekarang atau dibuat menjadi adegan tersendiri.

Sedangkan Throwback adalah istilah yang digunakan untuk mengungkapkan nostalgia atau kenangan masa lalu. Biasanya, throwback dilakukan dengan membagikan foto, video, atau cerita yang berkaitan dengan momen-momen spesial atau menyenangkan di masa lalu. Throwback sering dilakukan di media sosial, terutama di hari Kamis, yang disebut sebagai “Throwback Thursday” atau “TBT”. Tujuan dari throwback adalah untuk mengenang masa lalu dengan cara yang positif dan menghibur, serta berbagi pengalaman dengan orang lain yang mungkin memiliki kenangan serupa.

Cara Menggunakan Flashback dan Throwback

Berikut adalah bagaimana cara menggunakan flashback dan throwback:

Flashback

Flashback biasa digunakan untuk memberikan informasi penting tentang karakter, motif, atau konflik dalam cerita. Flashback dapat berupa dialog, narasi, atau adegan yang menggambarkan kejadian masa lalu. Flashback harus memiliki hubungan yang jelas dengan kejadian sekarang, misalnya untuk menjelaskan mengapa karakter bertindak seperti itu, atau untuk menunjukkan konsekuensi dari keputusan yang dibuat di masa lalu.

Throwback

Throwback digunakan untuk memberikan nuansa nostalgia, humor, atau ironi dalam cerita. Throwback dapat berupa referensi, kutipan, atau adegan yang menggambarkan kejadian masa lalu yang tidak relevan dengan kejadian sekarang. Throwback harus memiliki kontras yang jelas dengan kejadian sekarang, misalnya untuk menunjukkan perbedaan antara masa lalu dan masa kini, atau untuk mengejek situasi yang terjadi di masa kini.

Contoh Penggunaan Flashback dan Throwback

Contoh penggunaan flashback adalah sebagai berikut:

Mengingatkan sesuatu yang penting atau berharga

Seorang ibu yang sedang merawat anaknya yang sakit parah bisa flashback ke masa kecil anaknya, ketika dia masih sehat dan bahagia. Flashback ini bisa memberi harapan dan motivasi bagi ibu untuk terus berjuang.

Menjelaskan latar belakang atau alasan seseorang bertindak

Seorang penjahat yang melakukan kejahatan karena dendam bisa flashback ke masa lalu, ketika dia menjadi korban kekerasan atau ketidakadilan. Flashback ini bisa memberi pemahaman dan empati bagi pembaca atau penonton tentang karakter penjahat tersebut.

Contoh penggunaan throwback adalah sebagai berikut:

Membagikan foto-foto masa kecil di sosial media

Pada hari ulang tahunnya, Rani membagikan foto-foto masa kecilnya bersama keluarga dan teman-temannya di Instagram. Dia menulis caption yang mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas semua kenangan indah yang dia miliki. Dia juga menambahkan hashtag #throwback untuk menunjukkan bahwa foto-foto tersebut berasal dari masa lalu.

Membuat video kompilasi momen penting

Di akhir tahun, Andi membuat video kompilasi dari berbagai momen penting yang dia alami sepanjang tahun. Dia memasukkan klip-klip dari perjalanan, acara, prestasi, dan hal-hal lucu yang terjadi padanya. Dia mengunggah video tersebut di YouTube dan memberi judul “Throwback 2023: My Year in Review”. Dia berharap video tersebut bisa menginspirasi orang lain untuk menghargai setiap momen dalam hidup.

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa flashback dan throwback memiliki perbedaan makna dan penggunaan. Flashback lebih berkaitan dengan cerita fiksi yang menceritakan kembali peristiwa masa lalu, sedangkan Throwback lebih berkaitan dengan kenangan pribadi atau budaya pop yang berasal dari masa lalu. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menghidupkan kembali nostalgia kita akan masa lalu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantumu membedakan antara flashback dan throwback. Jika Kamu memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments