5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia

Halo sobat Diringkas! Apakah kamu tahu bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan wisata bahari? Ya, Indonesia dengan luas wilayah laut yang mencapai 2,7 juta kilometer persegi dan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa, Indonesia bisa menjadi destinasi wisata bahari yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun, sayangnya potensi wisata bahari Indonesia belum terkelola secara optimal dan berkelanjutan. Banyak tantangan yang dihadapi oleh sektor ini, mulai dari kurangnya infrastruktur dan konektivitas, rendahnya kualitas sumber daya manusia, hingga ancaman kerusakan lingkungan akibat pencemaran dan perubahan iklim.

5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia

Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan wisata bahari yang komprehensif dan terintegrasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan kelautan sekaligus menjaga kelestarian sumber daya alam. Berikut ini adalah 5 strategi pengembangan wisata bahari di Indonesia yang bisa kita pelajari.

1. Membangun Budaya Maritim

5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia 2

Strategi pertama adalah membangun budaya maritim yang mengakar di masyarakat Indonesia. Budaya maritim adalah nilai-nilai, sikap, perilaku, dan kebiasaan yang mencerminkan hubungan harmonis antara manusia dan laut. Budaya maritim juga mencakup pengetahuan, keterampilan, dan tradisi yang berkaitan dengan aktivitas maritim, termasuk wisata bahari.

Membangun budaya maritim bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Menyelenggarakan pendidikan dan sosialisasi tentang pentingnya laut bagi kehidupan dan kesejahteraan bangsa.
  • Mengembangkan kurikulum dan metode pembelajaran yang mengintegrasikan aspek-aspek maritim di semua jenjang pendidikan.
  • Mendorong partisipasi masyarakat dalam pelestarian dan pengelolaan sumber daya laut secara adil dan bertanggung jawab.
  • Menghidupkan kembali seni dan budaya maritim yang khas di setiap daerah, seperti tarian, musik, sastra, kuliner, dan kerajinan.
  • Mempromosikan destinasi wisata bahari yang memiliki nilai sejarah, budaya, dan religi yang tinggi.

2. Meningkatkan Infrastruktur dan Konektivitas

5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia 3

Strategi kedua adalah meningkatkan infrastruktur dan konektivitas yang mendukung pengembangan wisata bahari. Infrastruktur dan konektivitas yang dimaksud meliputi:

  • Jaringan transportasi laut yang memudahkan aksesibilitas antara pulau-pulau dan antara darat dan laut.
  • Pelabuhan laut yang memiliki fasilitas lengkap dan standar internasional untuk menampung kapal-kapal wisata.
  • Bandara udara yang terhubung dengan destinasi wisata bahari utama di Indonesia.
  • Jalan tol laut yang menghubungkan kawasan-kawasan strategis di Indonesia melalui jalur pelayaran.
  • Jaringan telekomunikasi dan internet yang memungkinkan informasi dan promosi wisata bahari tersebar luas dan cepat.

3. Mengembangkan Produk dan Layanan Wisata Bahari

5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia 4

Strategi ketiga adalah mengembangkan produk dan layanan wisata bahari yang berkualitas dan beragam. Produk dan layanan wisata bahari yang dimaksud meliputi:

  • Paket-paket wisata bahari yang menawarkan berbagai jenis aktivitas, seperti snorkeling, diving, surfing, fishing, sailing, dan lain-lain.
  • Akomodasi wisata bahari yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi wisatawan, seperti hotel, resort, villa, homestay, dan liveaboard.
  • Atraksi wisata bahari yang menampilkan keindahan alam, budaya, dan tradisi maritim Indonesia, seperti taman laut, konservasi biota laut, museum laut, festival laut, dan lain-lain.
  • Fasilitas-fasilitas pendukung wisata bahari yang memenuhi standar keselamatan, kenyamanan, dan kebersihan, seperti pusat informasi, pusat penyewaan peralatan, pusat kesehatan, pusat penelitian, dan lain-lain.

4. Melakukan Diplomasi Maritim

5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia 5

Strategi keempat adalah melakukan diplomasi maritim yang mengajak semua mitra Indonesia untuk bekerja sama dalam pengembangan wisata bahari. Diplomasi maritim adalah upaya untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara Indonesia dan negara-negara lain di bidang kelautan. Diplomasi maritim bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti:

  • Membangun kerjasama bilateral dan multilateral dengan negara-negara tetangga dan mitra strategis di bidang wisata bahari.
  • Mendorong investasi asing di sektor wisata bahari dengan memberikan insentif dan kemudahan perizinan.
  • Meningkatkan promosi wisata bahari Indonesia di pasar-pasar potensial, seperti China, India, Australia, Eropa, dan Amerika.
  • Menjalin kerjasama dengan organisasi-organisasi internasional yang bergerak di bidang kelautan, seperti PBB, ASEAN, APEC, IORA, dan lain-lain.

5. Membangun Kekuatan Pertahanan Maritim

5 Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia 6

Strategi kelima adalah membangun kekuatan pertahanan maritim yang mampu menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah laut Indonesia. Kekuatan pertahanan maritim adalah kemampuan untuk melindungi dan menegakkan hukum di laut dari berbagai ancaman dan gangguan yang bisa merugikan kepentingan nasional. Kekuatan pertahanan maritim bisa dibangun dengan berbagai cara, seperti:

  • Meningkatkan kapasitas dan kesiapan TNI AL sebagai garda terdepan dalam menjaga wilayah laut Indonesia.
  • Meningkatkan koordinasi dan sinergi antara instansi-instansi terkait yang bertugas di bidang kelautan, seperti KKP, Kemenhub, Basarnas, Bea Cukai, Polairud, dan lain-lain.
  • Meningkatkan partisipasi masyarakat pesisir dan kelautan dalam menjaga keamanan laut melalui program-program pemberdayaan dan pengawasan.
  • Meningkatkan kerjasama regional dan internasional dalam penanganan isu-isu maritim yang bersifat lintas batas, seperti perompakan, penyelundupan narkoba, pencurian ikan, pencemaran laut, dan lain-lain.

Kesimpulan

Itulah 5 strategi pengembangan wisata bahari di Indonesia yang bisa kita pelajari. Dengan menerapkan strategi-strategi tersebut secara konsisten dan kolaboratif, kita bisa mengoptimalkan potensi wisata bahari Indonesia sebagai salah satu sumber pendapatan nasional dan kesejahteraan rakyat.

Wisata bahari juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kita yang indah dan kaya akan sumber daya alam. Oleh karena itu, mari kita dukung pengembangan wisata bahari Indonesia dengan cara-cara yang positif dan bertanggung jawab.

Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jika ada pertanyaan atau komentar seputar artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments