Rusia Akan Membuat Konsol Sendiri, Tapi Tidak Secanggih Xbox dan PS5

Dalam upaya untuk mencapai kemandirian teknologi, Rusia telah mengumumkan rencana untuk mengembangkan konsol permainan video mereka sendiri. Meskipun konsol ini tidak akan sekuat Xbox atau PlayStation 5, langkah ini menunjukkan tekad Rusia untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi Barat. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang rencana ini, teknologi yang digunakan, dan dampaknya bagi industri permainan video di Rusia.

Latar Belakang Pengembangan Konsol

Pada tanggal 25 Desember 2024, Anton Gorelkin, Wakil Ketua Komite Kebijakan Informasi Duma Negara, mengungkapkan bahwa Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia sedang mengembangkan konsol permainan video domestik. Konsol ini akan menggunakan prosesor Elbrus dan akan didukung oleh sistem operasi Aurora atau Alt Linux, yang keduanya merupakan turunan dari sistem operasi Linux yang populer.

Prosesor Elbrus dikembangkan oleh Moscow Center of SPARC Technologies dan awalnya dirancang untuk aplikasi pertahanan, infrastruktur kritis, dan aplikasi lainnya. Meskipun prosesor ini tidak sekuat prosesor yang diproduksi oleh Intel, AMD, atau Arm, Rusia tetap bertekad untuk mengembangkan konsol yang dapat memainkan produk permainan video domestik.

Teknologi yang Digunakan

Konsol permainan video Rusia ini akan menggunakan prosesor Elbrus, yang didasarkan pada arsitektur Very Long Instruction Word (VLIW). Prosesor ini dirancang untuk aplikasi berat dan misi kritis, tetapi kinerjanya tidak sebanding dengan prosesor kelas atas yang digunakan dalam konsol seperti PS5 atau Xbox Series X|S. Selain itu, konsol ini akan menggunakan sistem operasi domestik, meskipun belum diputuskan apakah akan menggunakan Aurora atau Alt Linux.

Selain konsol tradisional, Rusia juga mengembangkan perangkat permainan berbasis cloud yang disebut Fog Play. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk menyewa komputer gaming berkinerja tinggi dan memainkan permainan melalui cloud. Meskipun ini adalah solusi kreatif bagi pemain yang tidak memiliki perangkat keras yang kuat, perangkat ini tidak dimaksudkan untuk bersaing langsung dengan platform permainan global.

Tantangan yang Dihadapi

Meskipun ambisius, proyek ini menghadapi beberapa tantangan besar. Salah satu tantangan utama adalah kinerja prosesor Elbrus yang tidak sebanding dengan prosesor kelas atas yang digunakan dalam konsol seperti PS5 atau Xbox. Selain itu, Rusia juga harus mengembangkan komunitas pengembang permainan video domestik yang kuat untuk mendukung konsol ini.

Tantangan lainnya adalah isolasi digital yang dihadapi Rusia akibat sanksi Barat setelah invasi ke Ukraina. Meskipun Rusia berusaha untuk mengembangkan teknologi mereka sendiri, ketergantungan pada teknologi China masih sangat tinggi. Smartphone dan elektronik China sangat populer di Rusia, dan teknologi dual-use dari China terus masuk ke Rusia meskipun China tidak lagi mengekspornya ke AS.

Dampak bagi Industri Permainan Video di Rusia

Pengembangan konsol permainan video domestik ini memiliki beberapa dampak potensial bagi industri permainan video di Rusia:

  1. Promosi Produk Permainan Video Domestik: Konsol ini diharapkan dapat mempromosikan dan mempopulerkan produk permainan video domestik. Ini akan membuka peluang bagi pengembang permainan video lokal untuk menciptakan dan memasarkan permainan mereka di platform yang didukung oleh pemerintah.
  2. Kemandirian Teknologi: Meskipun menghadapi banyak tantangan, langkah ini menunjukkan tekad Rusia untuk mencapai kemandirian teknologi. Dengan mengembangkan teknologi mereka sendiri, Rusia berharap dapat mengurangi ketergantungan pada teknologi Barat dan meningkatkan kemampuan teknologi domestik mereka.
  3. Inovasi dalam Teknologi Permainan: Pengembangan konsol berbasis cloud seperti Fog Play menunjukkan inovasi dalam teknologi permainan. Meskipun perangkat ini tidak dimaksudkan untuk bersaing langsung dengan konsol kelas atas, ini adalah solusi kreatif bagi pemain yang tidak memiliki perangkat keras yang kuat.

Masa Depan Konsol Permainan Video di Rusia

Meskipun konsol permainan video Rusia tidak akan sekuat Xbox atau PS5, langkah ini menunjukkan tekad Rusia untuk mengembangkan teknologi mereka sendiri dan mencapai kemandirian teknologi. Dengan dukungan pemerintah dan komunitas pengembang permainan video lokal, konsol ini memiliki potensi untuk mempromosikan produk permainan video domestik dan membuka peluang baru bagi industri permainan video di Rusia.

Namun untuk mencapai kesuksesan, Rusia harus mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk kinerja prosesor yang tidak sebanding dengan prosesor kelas atas dan ketergantungan pada teknologi China. Dengan inovasi dan tekad yang kuat, Rusia dapat mencapai tujuan mereka untuk mengembangkan konsol permainan video domestik yang dapat bersaing di pasar global.

Kesimpulan

Rusia berencana mengembangkan konsol permainan video mereka sendiri untuk mencapai kemandirian teknologi. Meskipun konsol ini tidak akan sekuat Xbox atau PS5, langkah ini menunjukkan tekad Rusia untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi Barat. Konsol ini akan menggunakan prosesor Elbrus dan sistem operasi domestik, serta menghadapi tantangan seperti kinerja prosesor yang tidak sebanding dan ketergantungan pada teknologi China. Namun dengan dukungan pemerintah dan komunitas pengembang permainan video lokal, konsol ini memiliki potensi untuk mempromosikan produk permainan video domestik dan membuka peluang baru bagi industri permainan video di Rusia.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments