Apa Perbedaan antara Tokoh dan Penokohan?

Halo sobat Diringkas! Kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara tokoh dan penokohan dalam karya sastra. Apa sih yang dimaksud dengan tokoh dan penokohan? Bagaimana cara membedakannya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa Perbedaan antara Tokoh dan Penokohan?

Apa itu Tokoh dan Penokohan

Tokoh adalah orang atau makhluk yang berperan dalam suatu cerita. Tokoh bisa berupa manusia, binatang, benda, atau bahkan konsep abstrak. Tokoh bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan. Tokoh utama adalah tokoh yang menjadi pusat perhatian cerita, sedangkan tokoh tambahan adalah tokoh yang mendukung jalannya cerita.

Penokohan adalah proses penggambaran atau pemberian ciri-ciri kepada tokoh dalam cerita. Penokohan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui penampilan fisik, sifat, latar belakang, ucapan, perbuatan, atau pikiran tokoh. Penokohan bertujuan untuk membuat tokoh lebih hidup dan menarik bagi pembaca.

Perbedaan antara Tokoh dan Penokohan

Perbedaan antara tokoh dan penokohan adalah sebagai berikut:

TokohPenokohan
Siapa yang berperan dalam ceritaBagaimana tokoh digambarkan dalam cerita
Bisa berupa manusia, binatang, benda, atau konsep abstrakBisa dilakukan dengan berbagai cara
Dibedakan menjadi tokoh utama dan tokoh tambahanBertujuan untuk membuat tokoh lebih hidup dan menarik

Contoh Kasus

Apa Perbedaan antara Tokoh dan Penokohan 2

Dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, salah satu tokoh utamanya adalah Ikal. Ikal adalah anak miskin yang bercita-cita menjadi penulis. Penokohan Ikal dilakukan dengan cara menggambarkan penampilan fisiknya yang kurus dan berkacamata, sifatnya yang cerdas dan pantang menyerah, latar belakangnya yang berasal dari keluarga tambang timah di Belitung, ucapan-ucapannya yang penuh humor dan inspirasi, perbuatannya yang berani dan setia kawan, serta pikirannya yang kritis dan kreatif.

Dari contoh di atas, kita bisa melihat perbedaan antara tokoh dan penokohan dalam karya sastra. Tokoh adalah Ikal, sedangkan penokohan adalah semua hal yang menggambarkan Ikal sebagai tokoh.

Kesimpulan

Tokoh dan penokohan adalah dua hal yang saling berkaitan dalam karya sastra. Tokoh adalah orang atau makhluk yang berperan dalam cerita, sedangkan penokohan adalah proses penggambaran atau pemberian ciri-ciri kepada tokoh dalam cerita. Perbedaan antara tokoh dan penokohan bisa dilihat dari aspek-aspek yang telah dijelaskan di atas.

Demikian artikel tentang perbedaan antara tokoh dan penokohan ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Jika ada pertanyaan atau feedback terkait artikel ini, silakan tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments