Kenapa Gaji di Indonesia Lebih Kecil Daripada di Luar Negeri? Ini Penjelasannya!

Halo, sobat Diringkas! Apakah kamu pernah merasa gaji yang kamu terima di Indonesia tidak sebanding dengan pekerjaan yang kamu lakukan? Apakah kamu pernah berpikir untuk bekerja di luar negeri demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi? Jika ya, maka artikel ini cocok untuk kamu baca. Kali ini, kita akan membahas tentang alasan-alasan kenapa gaji di Indonesia lebih kecil daripada di luar negeri. Simak penjelasannya berikut ini!

Faktor Ekonomi

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi besaran gaji adalah kondisi ekonomi suatu negara. Secara umum, negara-negara yang memiliki perekonomian yang lebih maju dan stabil akan memberikan gaji yang lebih tinggi kepada pekerjanya. Hal ini karena negara-negara tersebut memiliki daya beli yang lebih tinggi, produktivitas yang lebih tinggi, dan kesejahteraan yang lebih baik.

Sementara itu, negara-negara yang memiliki perekonomian yang kurang berkembang dan rentan terhadap krisis akan memberikan gaji yang lebih rendah kepada pekerjanya. Hal ini karena negara-negara tersebut memiliki daya beli yang lebih rendah, produktivitas yang lebih rendah, dan kesejahteraan yang lebih buruk.

Indonesia termasuk dalam kategori negara berkembang yang masih menghadapi berbagai tantangan ekonomi, seperti inflasi, kemiskinan, ketimpangan, korupsi, dan utang. Menurut data Bank Dunia, pada tahun 2020, Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia adalah sebesar $4.135, sedangkan PDB per kapita Amerika Serikat adalah sebesar $63.416. Selisihnya sangat jauh, bukan?

Faktor Pendidikan

Faktor lain yang mempengaruhi besaran gaji adalah tingkat pendidikan dan keterampilan pekerja. Secara umum, pekerja yang memiliki pendidikan dan keterampilan yang lebih tinggi akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi pula. Hal ini karena pekerja tersebut memiliki nilai tambah dan kompetensi yang lebih baik di mata pemberi kerja.

Sementara itu, pekerja yang memiliki pendidikan dan keterampilan yang lebih rendah akan mendapatkan gaji yang lebih rendah pula. Hal ini karena pekerja tersebut memiliki nilai tambah dan kompetensi yang lebih rendah di mata pemberi kerja.

Indonesia masih menghadapi masalah dalam hal kualitas pendidikan dan keterampilan pekerjanya. Menurut data UNESCO, pada tahun 2019, angka melek huruf orang dewasa di Indonesia adalah sebesar 96%, sedangkan angka melek huruf orang dewasa di Amerika Serikat adalah sebesar 99%. Selain itu, menurut data World Economic Forum, pada tahun 2020, Indonesia berada di peringkat ke-72 dari 133 negara dalam hal Human Capital Index (HCI), sedangkan Amerika Serikat berada di peringkat ke-24.

Faktor Hukum

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi besaran gaji adalah sistem hukum dan peraturan yang berlaku di suatu negara. Secara umum, negara-negara yang memiliki sistem hukum dan peraturan yang kuat dan adil akan memberikan perlindungan dan hak-hak yang lebih baik kepada pekerjanya. Hal ini karena negara-negara tersebut menghargai hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial.

Sementara itu, negara-negara yang memiliki sistem hukum dan peraturan yang lemah dan tidak adil akan memberikan perlindungan dan hak-hak yang lebih buruk kepada pekerjanya. Hal ini karena negara-negara tersebut mengabaikan hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial.

Indonesia masih menghadapi masalah dalam hal penegakan hukum dan perlindungan pekerja. Menurut data Transparency International, pada tahun 2020, Indonesia berada di peringkat ke-102 dari 180 negara dalam hal Corruption Perception Index (CPI), sedangkan Amerika Serikat berada di peringkat ke-25. Selain itu, menurut data International Labour Organization, pada tahun 2019, upah minimum di Indonesia adalah sebesar $140 per bulan, sedangkan upah minimum di Amerika Serikat adalah sebesar $1.256 per bulan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan gaji di Indonesia lebih kecil daripada di luar negeri, yaitu faktor ekonomi, faktor pendidikan, dan faktor hukum. Tentu saja, ini bukan berarti kita harus putus asa dan menyerah dengan kondisi yang ada. Kita harus tetap berusaha untuk meningkatkan kualitas diri kita, baik dalam hal pendidikan, keterampilan, maupun etika kerja. Kita juga harus terus mendukung upaya-upaya pemerintah dan masyarakat untuk memperbaiki kondisi ekonomi, hukum, dan sosial di negara kita tercinta ini.

Demikian artikel kali ini tentang kenapa gaji di Indonesia lebih kecil daripada di luar negeri. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik terkait artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments