Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Halo sobat Diringkas! Apakah kalian sudah tahu kabar gembira yang baru saja diumumkan oleh FIFA? Ya, Indonesia resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023! Ini adalah kesempatan emas bagi Indonesia untuk menunjukkan kemampuan dan prestasinya di kancah sepak bola dunia. Namun, tentu saja ada banyak hal yang harus disiapkan oleh Indonesia untuk menjadi tuan rumah yang baik dan sukses. Apa saja itu? Yuk, kita simak ulasan berikut ini.

Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

Alasan FIFA Memilih Indonesia

Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 2

Sebelumnya, Peru seharusnya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Namun, pada April lalu, FIFA mencabut status Peru karena ketidakpastian infrastruktur yang dimiliki negara tersebut. FIFA kemudian mencari negara pengganti dan akhirnya memilih Indonesia pada 23 Juni 2023 melalui sidang FIFA Council yang digelar di Zurich, Swiss.

Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 3

FIFA tidak menjelaskan secara detail alasan penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah turnamen bagi pesepak bola usia muda ini. Namun, menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, ada beberapa faktor positif yang ditunjukkan Indonesia selama tiga bulan terakhir yang mungkin menjadi pertimbangan FIFA. Beberapa faktor itu antara lain:

  • Perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA
  • Perhelatan dua FIFA Match Day melawan Palestina dan Argentina, juara dunia Qatar 2022, yang sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepak bola internasional
  • Kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo

Erick Thohir juga mengatakan bahwa penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 adalah salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia. Ini harus kita syukuri sekaligus buktikan dengan menyiapkan diri sebaik mungkin.

Jadwal dan Lokasi Piala Dunia U-17 2023

Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 4

FIFA mengagendakan Piala Dunia U-17 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Ini akan menjadi pertama kalinya Indonesia berlaga di Piala Dunia U-17 dan menjadi negara Asia Tenggara perdana yang menjadi tuan rumah ajang ini.

Belum diketahui secara pasti lokasi-lokasi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Namun, berdasarkan pengalaman sebelumnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF 2016 dan Piala Asia U-19 2018, ada beberapa stadion yang berpotensi menjadi venue turnamen ini. Beberapa stadion itu antara lain:

Nama StadionKotaKapasitas
Stadion Utama Gelora Bung KarnoJakarta77.193
Stadion PakansariBogor30.000
Stadion Wibawa MuktiBekasi28.778
Stadion Gelora Bandung Lautan ApiBandung38.000
Stadion ManahanSolo35.000
Stadion Gelora Bung TomoSurabaya55.000

Persiapan yang Harus Dilakukan oleh Indonesia

Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 tentu bukan perkara mudah. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan oleh Indonesia untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan turnamen ini. Beberapa persiapan itu antara lain:

  • Memperbaiki dan meningkatkan kualitas infrastruktur stadion, termasuk rumput, tribun, penerangan, dan fasilitas penunjang lainnya
  • Menjaga keamanan dan ketertiban selama turnamen berlangsung, baik di dalam maupun di luar stadion
  • Menyediakan akomodasi dan transportasi yang memadai bagi tim-tim peserta, ofisial, media, dan penonton
  • Mempromosikan pariwisata dan budaya Indonesia kepada dunia melalui berbagai kegiatan dan media
  • Membangun timnas U-17 yang kompetitif dan berprestasi di turnamen ini

Kesempatan dan Tantangan bagi Indonesia

Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 adalah kesempatan sekaligus tantangan bagi Indonesia. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk:

  • Meningkatkan citra dan reputasi Indonesia di mata dunia, khususnya di bidang sepak bola
  • Mendorong perkembangan sepak bola Indonesia, khususnya di level usia muda
  • Menumbuhkan minat dan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sepak bola
  • Meningkatkan perekonomian dan pariwisata Indonesia melalui kunjungan wisatawan asing

Namun, tantangan ini juga harus dihadapi oleh Indonesia dengan serius dan profesional. Beberapa tantangan yang mungkin muncul adalah:

  • Keterbatasan waktu dan anggaran untuk menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan
  • Ketatnya persaingan dengan tim-tim kuat dari berbagai benua, seperti Brasil, Argentina, Spanyol, Prancis, Nigeria, dan lain-lain
  • Kemungkinan adanya gangguan keamanan atau bencana alam yang tidak terduga
  • Kemungkinan adanya protes atau penolakan dari pihak-pihak tertentu yang tidak setuju dengan kebijakan atau keputusan yang diambil

Kesimpulan

Demikianlah ulasan singkat tentang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Ini adalah momen bersejarah dan berharga bagi Indonesia yang harus kita dukung dan apresiasi bersama. Semoga Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik dan sukses, serta bisa menorehkan prestasi yang membanggakan di turnamen ini.

Bagaimana pendapat kalian tentang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023? Apakah kalian optimis atau pesimis dengan persiapan dan peluang Indonesia? Silakan tuliskan feedback atau komentar kalian di bawah ini jika ada pertanyaan atau saran perihal artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments