Butir Padi yang Sudah Dipisahkan dari Sekam Disebut Apa? Ini Jawabannya!

Halo, sobat Diringkas! Apakah kalian tahu apa nama butir padi yang sudah dipisahkan dari sekam? Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu jawabannya, tapi ada juga yang masih bingung. Nah, di artikel ini saya akan menjelaskan secara ringkas dan mudah apa itu butir padi, sekam, dan beras. Simak sampai habis ya!

Butir Padi

Butir padi adalah biji tanaman padi yang menjadi sumber makanan pokok bagi sebagian besar penduduk dunia. Butir padi memiliki bentuk bulat panjang dan berwarna kuning kecoklatan. Butir padi terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Cangkang atau kulit luar, yang berfungsi sebagai pelindung butir padi dari serangan hama dan cuaca.
  • Sekam atau bran, yang merupakan lapisan tipis di bawah cangkang yang mengandung banyak serat dan mineral.
  • Endosperm atau tepung, yang merupakan bagian terbesar dari butir padi yang mengandung banyak karbohidrat dan protein.
  • Embrio atau benih, yang merupakan bagian terkecil dari butir padi yang berfungsi sebagai calon tanaman baru.

Sekam

Sekam adalah lapisan tipis di bawah cangkang butir padi yang berwarna coklat muda. Sekam biasanya dipisahkan dari butir padi saat proses penggilingan atau milling. Sekam memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Sebagai bahan bakar biomassa untuk menghasilkan energi listrik atau panas.
  • Sebagai bahan baku pupuk organik atau kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.
  • Sebagai bahan campuran beton atau bata untuk meningkatkan kekuatan dan isolasi.
  • Sebagai bahan pembuatan kertas, kardus, atau serat tekstil.

Beras

Beras adalah nama butir padi yang sudah dipisahkan dari sekamnya. Beras memiliki warna putih atau kekuningan dan bentuk bulat panjang. Beras biasanya dimasak dengan cara direbus atau dikukus untuk dijadikan nasi. Beras memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Beras putih, yang merupakan beras yang sudah diproses secara penuh sehingga hanya menyisakan endospermnya saja. Beras putih memiliki tekstur lembut dan rasa tawar, tetapi juga mengandung gula dan kalori tinggi.
  • Beras merah, yang merupakan beras yang hanya diproses sebagian sehingga masih menyisakan sebagian sekamnya. Beras merah memiliki tekstur kasar dan rasa gurih, serta mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral.
  • Beras hitam, yang merupakan beras yang berasal dari varietas padi khusus yang memiliki warna hitam pada endospermnya. Beras hitam memiliki tekstur kenyal dan rasa manis, serta mengandung banyak antioksidan dan antosianin.

Kesimpulan dan jawaban

Jadi, jawaban dari pertanyaan di awal artikel adalah beras. Beras adalah nama butir padi yang sudah dipisahkan dari sekamnya. Sekam sendiri adalah lapisan tipis di bawah cangkang butir padi yang memiliki banyak manfaat. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang padi, sekam, dan beras. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis! 😊

Jika kalian memiliki pertanyaan, saran, atau kritik seputar artikel ini, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Saya akan senang mendengar pendapat kalian. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
4 months ago

[…] kamu tertarik juga dengan artikel ini Mantan Anggota Black Organization Dalam Anime Detective […]