Apa Perbedaan Sunscreen dan Moisturizer?

Kulit adalah organ terluas yang dimiliki oleh manusia. Kulit juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai faktor luar yang bisa merusak kesehatan, seperti bakteri, virus, polusi, dan sinar ultraviolet (UV). Oleh karena itu, merawat kulit adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Salah satu cara merawat kulit adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit atau skincare. Ada banyak jenis skincare yang tersedia di pasaran, mulai dari pembersih, toner, serum, pelembab, hingga tabir surya. Namun apakah Kamu tahu apa perbedaan dan fungsi dari masing-masing produk tersebut?

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang dua produk skincare yang sering digunakan oleh banyak orang, yaitu sunscreen dan moisturizer. Apa saja perbedaan sunscreen dan moisturizer? Mana yang lebih penting untuk kulitmu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Sunscreen dan Moisturizer

Sunscreen adalah produk skincare yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kemerahan, iritasi, penuaan dini, flek hitam, hingga kanker kulit. Sunscreen mengandung bahan aktif yang bisa menyerap atau memantulkan sinar UV, sehingga tidak masuk ke dalam lapisan kulit.

Moisturizer adalah produk skincare yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tetap lembut, kenyal, dan elastis. Moisturizer mengandung bahan-bahan yang bisa menghidrasi kulit, seperti air, gliserin, asam hialuronat, dan lain-lain. Moisturizer juga bisa membantu mengunci kelembapan kulit, sehingga tidak mudah hilang.

Perbedaan Sunscreen dan Moisturizer

Sunscreen dan moisturizer memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik dari segi manfaat, kandungan, bentuk, cara pemakaian, hingga frekuensi penggunaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan sunscreen dan moisturizer yang perlu Kamu ketahui:

Manfaat

Sunscreen memiliki manfaat utama untuk melindungi kulit dari sinar UV, sedangkan moisturizer memiliki manfaat utama untuk melembapkan kulit. Keduanya sama-sama penting untuk kesehatan kulit, namun sunscreen lebih berperan dalam mencegah kerusakan kulit, sedangkan moisturizer lebih berperan dalam memperbaiki kondisi kulit.

Kandungan

Sunscreen mengandung bahan aktif yang bisa menyerap atau memantulkan sinar UV, seperti oksibenzone, avobenzone, titanium dioksida, dan zink oksida. Moisturizer mengandung bahan-bahan yang bisa menghidrasi kulit, seperti air, gliserin, asam hialuronat, dan lain-lain. Sunscreen juga bisa mengandung bahan-bahan yang melembapkan kulit, seperti aloe vera, shea butter, dan vitamin E. Moisturizer juga bisa mengandung bahan-bahan yang melindungi kulit dari sinar UV, seperti SPF (Sun Protection Factor) atau PA (Protection Grade of UVA).

Bentuk

Sunscreen dan moisturizer bisa memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung dari jenis dan formulanya. Sunscreen bisa berbentuk lotion, krim, gel, spray, atau stik. Moisturizer bisa berbentuk lotion, krim, gel, atau emulsi. Sunscreen biasanya memiliki tekstur yang lebih kental dan berminyak, sedangkan moisturizer biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dan lembut.

Cara pemakaian

Sunscreen dan moisturizer memiliki cara pemakaian yang berbeda, tergantung dari urutan penggunaan skincare. Sunscreen sebaiknya digunakan sebagai langkah terakhir dari rutinitas skincare, setelah menggunakan pembersih, toner, serum, dan moisturizer. Moisturizer sebaiknya digunakan setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan sunscreen. Sunscreen harus diaplikasikan secara merata ke seluruh bagian wajah dan leher, dengan jumlah yang cukup, yaitu sekitar setengah sendok teh. Moisturizer bisa diaplikasikan dengan cara menepuk-nepuk kulit dengan lembut, atau dengan cara mengusap kulit dengan arah ke atas.

Frekuensi penggunaan

Sunscreen dan moisturizer memiliki frekuensi penggunaan yang berbeda, tergantung dari kebutuhan kulit dan aktivitasmu. Sunscreen harus digunakan setiap hari, terutama jika Kamu sering beraktivitas di luar ruangan atau terpapar sinar matahari. Sunscreen juga harus diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali, atau setelah berkeringat, berenang, atau menghapusnya. Moisturizer bisa digunakan setiap hari, atau sesuai dengan kondisi kulitmu. Jika kulitmu kering, Kamu bisa menggunakan moisturizer dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Jika kulitmu berminyak, Kamu bisa menggunakan moisturizer hanya pada malam hari, atau menggunakan moisturizer yang ringan dan oil-free.

Manfaat Sunscreen dan Moisturizer Untuk Kulit

Sunscreen dan moisturizer memiliki manfaat yang berbeda untuk kulit, tergantung dari fungsi dan kandungan masing-masing produk. Berikut ini adalah beberapa manfaat sunscreen dan moisturizer untuk kulit:

Manfaat Sunscreen

Sunscreen memiliki manfaat utama untuk melindungi kulit dari sinar UV, yang bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kemerahan, iritasi, penuaan dini, flek hitam, hingga kanker kulit. Sunscreen mengandung zat aktif yang bisa menyerap atau memantulkan sinar UV, sehingga tidak sampai menembus lapisan kulit. Beberapa manfaat sunscreen untuk kulit antara lain:

  • Mencegah kulit keriput, karena sinar UV bisa merusak kolagen yang membuat kulit kencang.
  • Mencegah kulit belang dan noda, karena sinar UV bisa meningkatkan produksi melanin yang membuat kulit gelap dan bercak.
  • Menyamakan warna kulit, karena sunscreen bisa mencegah masalah pigmen dan mencerahkan kulit yang lebih gelap.
  • Mencegah kulit terbakar, karena sunscreen bisa menurunkan risiko sunburn akibat sinar UV.
  • Mencegah kulit menghitam, karena sunscreen bisa mencegah kulit membuat melanin lebih banyak.
  • Menurunkan risiko kanker kulit, karena sunscreen bisa mencegah kerusakan DNA di sel-sel kulit akibat sinar UV.

Manfaat Moisturizer

Moisturizer memiliki manfaat utama untuk melembapkan kulit, menghidrasi dan memberi nutrisi pada kulit. Moisturizer mengandung zat-zat yang bisa menghidrasi kulit, seperti air, gliserin, asam hialuronat, dan lain-lain. Moisturizer juga bisa membantu mengunci kelembapan kulit, sehingga tidak mudah kering. Beberapa manfaat moisturizer untuk kulit antara lain:

  • Memperbaiki kulit kering, kusam, kasar, atau sensitif, karena moisturizer bisa mengembalikan protein keratin dan menyeimbangkan pH kulit.
  • Mencerahkan kulit, karena moisturizer bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru.
  • Mengatasi dan memperbaiki masalah kulit, seperti jerawat, bekas luka, atau iritasi, karena moisturizer bisa mengurangi radang dan infeksi pada kulit.

Kesimpulan

Sunscreen dan moisturizer adalah dua produk skincare yang memiliki perbedaan dan fungsi yang berbeda. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV, sedangkan moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit. Keduanya sama-sama penting untuk kesehatan kulit, namun sunscreen lebih berperan dalam mencegah kerusakan kulit, sedangkan moisturizer lebih berperan dalam memperbaiki kondisi kulit.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari sunscreen dan moisturizer, Kamu harus memilih produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Kamu juga harus menggunakan sunscreen dan moisturizer dengan cara yang benar, yaitu dengan mengikuti urutan, jumlah, dan frekuensi yang dianjurkan. Dengan begitu, Kamu bisa menjaga kulitmu tetap sehat, lembab, dan terlindung dari sinar UV.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments