Apa itu Kemiskinan Struktural? Ini Penjelasan dan Contohnya

Halo sobat Diringkas! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu masalah sosial yang sering terjadi di Indonesia, yaitu kemiskinan struktural. Apa sih itu kemiskinan struktural? Bagaimana ciri-cirinya? Dan apa contoh-contohnya? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Pengertian Kemiskinan Struktural

Menurut Selo Soemardjan, kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dialami oleh suatu golongan masyarakat karena suatu struktur sosial masyarakat yang tidak bisa ikut menggunakan sumber-sumber pendapatan yang sebenarnya tersedia bagi mereka.

Dengan kata lain, kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang membuat suatu masyarakat tidak bisa memanfaatkan sumber daya alam yang berada di sekitarnya karena telah dikuasai oleh yang lain, sehingga mereka tetap pada keadaannya itu dalam waktu panjang.

Ciri-ciri Kemiskinan Struktural

Melansir buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sosiologi karya tim GTK DIKDAS, ciri-ciri masyarakat yang mengalami kemiskinan struktural, yaitu:

  • Tidak adanya mobilitas sosial secara vertikal (tegak lurus dari atas ke bawah). Mereka yang miskin akan tetap hidup dengan kemiskinannya.
  • Munculnya ketergantungan yang kuat dari kelompok masyarakat miskin terhadap kelompok masyarakat dengan kelas sosial dan ekonomi di atasnya.

Faktor Penyebab Kemiskinan Struktural

Mengutip jurnal Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Miskin yang ditulis oleh Bagong Suyanto, faktor penyebab dari kemiskinan struktural adalah struktur sosial yang ada membuat anggota atau kelompok masyarakat tidak menguasai sarana ekonomi dan fasilitas-fasilitas secara merata.

Kemudian perbedaan yang tajam antara kelompok masyarakat yang hidup berkekurangan dengan kelompok masyarakat yang hidup dalam kemewahan. Hal ini terjadi karena kelompok masyarakat yang kaya raya biasanya berhasil memonopoli dan mengontrol berbagai kehidupan, terutama dalam ekonomi dan politik.

Dengan begitu, kelompok masyarakat yang miskin tidak memiliki kekuatan untuk memperbaiki hidupnya dan terjadilah kemiskinan struktural.

Contoh Kemiskinan Struktural

Kemiskinan struktural dan contohnya dapat kita temukan di sekitar kita. Ini dia contoh kemiskinan struktural yang bisa kita ketahui:

  • Daerah yang memiliki kekayaan alam banyak, tapi masyarakatnya tidak hidup sejahtera
  • Penggusuran yang membuat masyarakat kehilangan tempat tinggal
  • Masyarakat setempat tidak bekerja di sumber kekayaan itu karena ada pekerja asing
  • Petani yang lahannya dikuasai pihak lain

Daerah yang memiliki kekayaan alam banyak, tapi masyarakatnya tidak hidup sejahtera

Masyarakat di suatu daerah yang punya kekayaan alam melimpah hidupnya berada di bawah angka kemiskinan. Mereka tidak bisa menikmati hasil dari kekayaan alam yang dikeruk oleh orang lain. Hal itu karena hak pengelolaan kekayaan alam jatuh ke tangan pihak lain. Masyarakat setempat tidak dilibatkan dengan anggapan tidak mampu untuk mengelolanya dengan baik.

Penggusuran yang membuat masyarakat kehilangan tempat tinggal

Penggusuran adalah contoh kemiskinan yang sering terjadi. Penggusuran dilakukan pihak-pihak tertentu yang mengaku lebih punya hak terhadap lahan yang ditempati suatu masyarakat. Hal ini pun membuat masyarakat yang digusur kehilangan tempat tinggal tanpa uang pengganti yang memadai.

Masyarakat setempat tidak bekerja di sumber kekayaan itu karena ada pekerja asing

Contoh lainnya yang sering terjadi juga adalah masyarakat di suatu wilayah tidak diberikan kesempatan untuk bisa bekerja di pengelolaan sumber alam itu. Alasannya karena pekerja asing atau luar daerah yang lebih didahulukan. Hal ini juga karena pertimbangan kemampuan masyarakat dalam mengisi lapangan kerja yang tersedia.

Petani yang lahannya dikuasai pihak lain

Contoh kemiskinan struktural yang terakhir adalah petani yang lahannya dikuasai pihak lain. Petani ini tidak memiliki tanah pribadi atau hanya memiliki lahan yang kecil sehingga hasilnya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari. Mereka harus membayar sewa lahan atau memberikan sebagian hasil panennya kepada pemilik lahan.

Konklusi dan Penutup

Nah, itu dia penjelasan dan contoh dari kemiskinan struktural, salah satu masalah sosial yang sering terjadi di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Jika sobat Diringkas punya pertanyaan, saran, atau kritik seputar artikel ini, silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments